Selasa, 04 Januari 2011

Lebih Baik Diasingkan daripada Terpuruk dalam Kemunafikan

-Lebih baik diasingkan daripada terpuruk dalam kemunafikan-

sepenggal kalimat diatas diambil dari quote catatan harian mendiang Soe Hok Gie. Seseorang yang berani mengemukakan quote'nya sementara orang-orang di sekitarnya memilih untuk berpendapat lain, atau bahkan bertolak belakang dengannya.

Dan apa yang dapat kita perbuat sekarang? hanya orang-orang yang terdiam dalam sudut pikirnya, dan sebagian orang lainnya rela menggadaikan identitasnya,menggadaikan keyakinannya hanya demi sebuah pengakuan masyarakat di tempatnya beradaptasi.

Adaptasi seharusnya tak memaksa dirimu berubah mendekati keadaan lingkunganmu dan nyaris sama dengan keadaan tersebut. Tapi adaptasi adalah cara untuk mengatasi tekanan-tekanan dan bertahan hidup, sebuah bentuk pengendalian diri, dan sebuah bentuk perlindungan diri terhadap lingkungan tersebut.

Bukankah ikan yang hidup di lautan tidak pernah ikut menjadi asin? sedangkan ikan yang mati, dengan mudah tubuhnya dapat menjadi asin.

1 komentar:

  1. cara orang beradaptasi itu berbeda-beda. mereka pernah punya mimpi, mereka pernah punya idealisme tersendiri. Namun ketika suatu tantangan hidup tak lagi bisa mereka hadapi maka idealisme itu luntur bersama dengan keberaniannya menantang hidup.

    BalasHapus