Minggu, 26 Desember 2010

Assumtions

Asumsi? Apa sebenarnya arti asumsi?
Banyak sekali pengertian asumsi yang beredar, dan mungkin hampir setiap blog yang saya kunjungi memberikan pengertian yang berbeda.

Mungkin benar asumsi merupakan awal dari pengetahuan, tidak sedikit para pakar pada ilmu di bidangnya mengawali sebuah teori pengetahuan dan sebuah penemuan dari asumsi-asumsi mereka.
Asumsi adalah suatu kesimpulan sementara atau perkiraan yang dijadikan landasan berfikir karena dianggap benar. Berbeda dengan hipotesis dimana perkiraan atau kesimpulan sementara tersebut berasal dari data-data yang telah dikumpulkan. Asumsi di simpulkan berdasarkan pengalaman, pemikiran atau logika individu.

http://gamereaver.files.wordpress.com/2007/11/assume1.jpg

Mungkin terkadang kita berada pada keadaan dimana kita mengambil keputusan pada saat informasi tidak lengkap, bahkan terjadi ketidak mengertian terhadap masalah yang di hadapi. Ketidakadaan informasi lengkap ini seringg kali kita tutupi dengan asumsi. Pada dasarnya asumsi tidak salah, namun asumsi seharusnya di jadikan titik awal pencarian data atas masalah yang di hadapi, kenyataannya kita sering menjadikan asumsi menjadikan hukum yang dipercaya benar, dan tak jarang menularkan asumsi kita pada orang lain.
mempengaruhi orang lain dengan asumsi, saya kira hal ini bukan bentuk kebebasan berpendapat yang dianut demokrasi. Dan asumsi bukan menjadi ajang pembenaran suatu opini, yang masih dipertanyakan kebenarannya.

Asumsi bukan berarti hipotesis ataupun ekspektasi. Asumsi hanya akan memberikan jarak antara kita dan masalah tersebut.
Asumsi mempunyai bobot yang berbeda dengan ekspektasi dan hipotesis bukan?

0 Coment:

Posting Komentar