Jumat, 17 Desember 2010

Tulisan adalah Pengetahuan

Tidak banyak orang yang suka berbagi, lebih sedikit pula orang yang mampu eksis untuk senantiasa berbagi. Paling sedikit adalah berbagi hal yang abadi yaitu pengalaman. Namun lewat menulis, kita dapat melakukan itu semua. Percaya atau tidak menulis adalah bentuk berbagi yang paling luas.


Tulisan adalah penemuan yang paling mutakhir, karena tulisan adalah bentuk ekspresi yang paling bertahan lama sepanjang sejarah. Sejak zaman belum adanya alat tulis seperti kertas, terlebih lagi sebelum adanya gadget yang menunjang untuk menulis, manusia pada zaman itu tetap menulis dengan caranya.

Kemutakhirannya terletak pada kemampuannya yang dengan sendirinya ia dapat mengantarkan kita ke masa lampau, mengajak kita pada cerita yang memotifasi, membawa kita pada dunia yang belum pernah kita pijak ataupun dunia indah dari fiksi fiksi yang melambungkan angan, dan terlebih tulisan mengantarkan kita pada sejarah yang telah tertulis dan tak ternilai harganya.

Ah ya.. sejarah bukan hanya seperti apa yang kita pelajari sekolah, sejarah merupakan pengalaman. Dan pengalaman itu adalah guru yang paling berharga. Karena pengalaman tidak akan pernah membiarkanmu terjatuh di dalam lubang yang sama. Karena ia akan memaksamu trus belajar.

Tulisan adalah sebuah pengalaman yang di kemas dengan gaya penulisan yang beragam sesuai dengan karakter sang penulis. Materi yang disampaikan pun akan beragam sesuai dengan refleksi sang penulis, hingga kita dapat menemukan begitu banyak hal, sejarah, pengetahuan, dan pengalaman.

Dengan begitu semua bentuk tulisan adalah sebuah pengetahuan yang berharga bukan? so, kapan kita mulai menulis dan menorehkan sejarah, jika tidak di mulai dari sekarang.

1 komentar: