Kamis, 18 November 2010

Makna Kebebasan di Hidupmu

Apa makna Kebebasan sesungguhnya? Apa itu bebas? Mungkin sudah terlalu banyak tulisan yang mengusung tema kebebasan, banyak artikel yang mengangkat tentang kebebasan. Tak sedikit pula bebagai makna dan definisi tetang kebebasan telah dikemukakan. Lalu bagaimana denganmu? Apa makna kebebasan itu sendiri bagi dirimu?.


"Apa arti kebebasan sebenarnya?” Sebuah pertanyaan yang tiba-tiba hadir di saat dirimu tak leluasa dengan keadaan yang ada. Sebuah pertanyaan yang mungkin tiap detik kau pertanyakan, dan tiap detik pula engkau menemukan jawaban yang berbeda. Hal ini lah yang menggelitik jari-jariku untuk menulis beberapa pikiran singkat tentang kebebasan.

Bolehkah kita mengatakan bahwa bebas adalah ikhlas?
Kebebasan adalah bentuk lain dari keikhlasan. Keikhlasan atas apa yang kita lakukan, keikhlasan atas apa yang kita pilih untuk menghiasi rel rel hidup yang ada, keikhlasan atas jalan yang tengah kita pilih.


Mari sedikit bertanya pada diri kita, bukankah dengan keikhlasan apa apa yang kita lakukan, apa apa yang kita pilih menjadi terasa ringan? Lepas?. Ringan dan lepas tanpa adanya beban di pundak kita, tanpa adanya rasa keterpaksaan yang membuat kita merasa berat melakukan apapun, membuat kita merasa berada di sangkar dengan segala kekangannya.

Bukankah bagaimanapun keadaannya, apapun yang kita lakukan dengan keikhlasan, berarti kita bebas dan kita telah mendapatkan kebebasan?. Karena kebebasan sesungguhnya adalah kebebasan yang kau ciptakan sendiri di dirimu di tengah lingkunganmu. Kebebasan sesungguhnya adalah keikhlasan dan rasa syukur dari hatimu.

Karena bebas bukan berarti terbang bebas seperti burung di langit, yang terbang bebas dari sangkarnya, bertengger dari dahan satu ke dahan yang lainnya. Namun kitaterbang bebas seperti layang layang di awan biru, dengan tali nilon sebagai norma yang menjadikan kita lebih terarah. Dan ketika norma itu terbaikan, kita hanya layang layang tanpa tali, putus perlahan jatuh tanah dengan gerakan yang tidak teratur.

Karena bebas bukan berarti bertindak sekehendak kita, karena keikhlasan adalah bentuk lain dari kebebasan.

2 komentar:

  1. inti dari tulisanmu itu bebas = ikhlas yah?

    so, sudahkan anda membebaskan diri anda hari?

    BalasHapus
  2. beluum.. hahaha..
    kayak lw udah aja..

    setuju kah anda dengann tulisanku??

    BalasHapus